KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA INDONESIA
SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Membaca dan memahami
berbagai
teks nonsastra (biografi, artikel, berita,
iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra
(puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan
cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
|
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
|
Menentukan persamaan
isi berita.
|
||
Menentukan perbedaan penyajian berita.
|
||
Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan.
|
||
Menentukan kalimat
fakta/opini dalam teks iklan.
|
||
Menyimpulkan isi paragraf.
|
||
Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
|
||
Mengidentifikasi
perbedaan karakteristik dua novel.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
|
||
2.
|
Menulis dan menyunting
teks
nonsastra dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif dalam
bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan
singkat, laporan, pengumuman,
petunjuk, rangkuman, teks berita,
slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks
pidato, dan karya ilmiah;
menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen,
dan drama.
|
Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
|
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
|
||
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
|
||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
|
||
Menulis rangkuman.
|
||
Menulis teks berita sesuai konteks Menulis slogan
sesuai konteks.
|
||
Menulis iklan sesuai konteks.
|
||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
|
||
Menulis teks pidato.
|
||
Menulis rumusan
masalah karya
ilmiah/saran karya
ilmiah/daftar pustaka.
|
||
Menyunting kalimat,
ejaan/tanda baca, pilihan kata.
|
||
Melengkapi pantun.
|
||
Melengkapi puisi.
|
||
Melengkapi naskah drama.
|
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
READING (Membaca)
Memahami makna
dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive,
procedure, maupun report) dan naratif (narrative
dan recount) dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks fungsional pendek
berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation.
|
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk procedure.
|
||
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk descriptive.
|
||
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk recount.
|
||
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu /informasi
rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau pesan moral/tujuan
komunikatif dalam
teks berbentuk narrative.
|
||
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk report.
|
||
2.
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna
secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk
deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative
dan recount) dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang bentuk
recount/narrative sederhana.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang bentuk
descriptive/procedure sederhana.
|
||
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
kalimat yang bermakna.
|
||
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk
membuat paragraf yang padu dan bermakna.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
3. ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan pengukuran dasar secara
teliti dengan menggunakan
alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
satuannya atau penggunaan alat ukur dalam
kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat
yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan dasar-dasar
mekanika
(gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi
pada kondisi tertentu.
|
||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
tekanan pada suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami konsep-konsep
dan
penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik
dalam produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang.
|
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
berhubungan dengan
cermin/lensa atau penerapan
alat optik dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami konsep
kelistrikan dan
kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam
suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan cara pembuatan
magnet dan kutub-
kutub yang dihasilkan.
|
||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau
penerapannya pada transformator.
|
||
6.
|
Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan fenomena
alam yang terjadi akibat
perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
7
|
Mendeskripsikan konsep atom, ion
dan molekul
dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
|
Mengidentifikasi atom,
ion, unsur, atau molekul
sederhana serta penggunaannya pada produk kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
|
8.
|
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-
sifat, dan perubahannya.
|
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia
berdasarkan hasil percobaan.
|
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia
berdasarkan hasil percobaan.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan bahan kimia dalam
kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh
manusia dan lingkungan.
|
Menjelaskan bahan kimia dan dampak
negatifnya
bagi tubuh manusia
dan lingkungannya.
|
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta
pengaruhnya bagi tubuh manusia.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan
ciri-ciri dan
keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup.
|
Mengelompokkan makhluk
hidup berdasarkan ciri-
cirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan,
serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam
ekosistem.
|
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia
dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
|
||
12.
|
Menjelaskan sistem
organ pada
manusia.
|
Menjelaskan sistem
peredaran darah pada
manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan sistem
pencernaan dan enzim-enzim
yang berperan pada proses pencernaan.
|
||
Menjelaskan sistem
pernapasan pada
manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem
gerak pada manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem
ekskresi/reproduksi pada
manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem
saraf/alat indera pada manusia.
|
||
13.
|
Menjelaskan sistem
organ dalam
kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ
pada tumbuhan.
|
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-
percobaan tentang proses tersebut.
|
||
14.
|
Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan
hidup dan pewarisan sifat pada organisme
serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
Menjelaskan pertumbuhan
dan perkembangan pada
makhluk
hidup.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi
alam dalam
kelangsungan hidup makhluk
hidup.
|
||
Menginterpretasi proses
persilangan berdasarkan
hukum Mendel.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan
bioteknologi untuk
kehidupan manusia.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
4. MATEMATIKA
SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan konsep operasi hitung
dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
bilangan berpangkat, aritmetika
sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
operasi tambah,
kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
perbandingan.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
bilangan berpangkat atau bentuk akar.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
barisan bilangan dan deret.
|
||
2.
|
Memahami operasi
bentuk aljabar,
konsep persamaan
linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan
linier, serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
persamaan linier atau pertidaksamaan
linier satu variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
himpunan.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
fungsi.
|
||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau
grafiknya.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
sistem persamaan
linier dua variabel.
|
||
3.
|
Memahami bangun
datar, bangun
ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah
menggunakan teorema
Pythagoras.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan luas
bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
keliling bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
hubungan dua garis, besar dan jenis sudut,
serta sifat sudut yang
terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan garis-
garis istimewa pada segitiga.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
kesebangunan atau kongruensi.
|
||
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
volume bangun ruang.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan luas
permukaan
bangun ruang.
|
4.
|
Memahami konsep
dalam statistika,
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan ukuran pemusatan atau
menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
penyajian atau
penafsiran data.
|
||
5.
|
Memahami konsep
peluang suatu
kejadian serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
peluang suatu
kejadian.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar