Kamis, 09 Februari 2012

istilah-istilah dalam mIRC


 Apa itu mIRC ?


              mIRC merupakan perangkat lunak berbayar untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang beroperasi di sistem operasi Windows. mIRC diciptakan tahun 1995 oleh Khaled Mardam-Bey, berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC di seluruh dunia. Perangkat lunak ini memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting, terbukti setelah perangkat lunak ini diunduh sebanyak 9.129.578 kali dari CNET pada Oktober 2007. Nielsen-Net  memasukan mIRC ke dalam daftar "10 applikasi internet terbaik" tahun 2003.
Dengan tersedianya skrip, para pengguna bisa mengatur cara bekerja mIRC sebebas-bebasnya. Huruf 'm' dalam singkatan mIRC belum diketahui pasti, tetapi dalam FAQ (Pertanyaan yang sering ditanyakan) dalam FORUM mIRC, pihak mIRC mengatakan 'm' adalah singkatan dari "Moo".


Berbicara dan memasukkan perintah


           Perintah-perintah dan teks-teks diketikkan pada tempat yang sama. Perintah-perintah dalam IRC dimulai dengan tanda / (garis miring). Jika Anda memiliki program seperti mIRC untuk Windows, beberapa perintahnya dapat dipilih dari menu-nya. Tetapi, sangatlah dianjurkan agar Anda mempelajari beberapa perintah-perintah dasar dalam IRC terlebih dahulu. Perhatikan spasi dan huruf besar saat Anda mengetikkan perintah-perintah tersebut. Semua perintah-perintah dasar dalam irc berlaku untuk semua client-client. Beberapa contoh diberikan di bawah ini. Di sini, kita anggap bahwa nick Anda adalah "unyil", dan Anda berada di channel "#bawel".
          Kawan Anda, "usro", berada di channel "#bawel" dengan Anda, dan kawan Anda yang lain, "ucrit", sedang berada dalam IRC tetapi tidak dalam channel yang sama dengan Anda. Anda dapat menggunakan contoh-contoh di bawah ini dengan mengganti nick dan/atau nama channel dengan nama-nama yang sebenarnya.


Apa yang Anda ketik Apa yang terjadi
/join #bawel Anda bergabung dengan channel bawel
/who #bawel Memberikan informasi pemain di channel bawel
@ = channel op, * = IRC op
halo semua Semua pemain di #bawel akan melihat:
<unyil> halo semua
(Anda tidak perlu mengetikkan nick Anda)
/me anak baik Semua pemain di #bawel akan melihat:
* unyil anak baik
/leave #bawel Anda meninggalkan channel bawel
/whois ucrit Anda akan mendapatkan informasi tentang ucrit, atau nick apa saja yang Anda ketikkan
/whois unyil Informasi mengenai diri Anda (catatan: Anda menggunakan nick unyil)
/nick NickBaru Mengganti nick Anda menjadi "NickBaru"
/msg ucrit halo bos Hanya ucrit yang bisa melihat kalimat Anda (Anda tidak perlu berada di dalam channel yang sama dalam hal ini).
ucrit akan melihat: *unyil* halo bos
/ping #bawel Memberikan informasi tentang "delay" (hambatan bolak balik) antara Anda dengan semua pemain yang ada di #bawel
/ping ucrit Memberikan informasi tentang "delay" (hambatan bolak balik) antara Anda dengan ucrit (seorang saja)
/dcc chat usro Mengirimkan usro permintaan "dcc chat". usro harus mengetikkan /dcc chat unyil untuk menerima dcc chat tersebut (catatan: Anda menggunakan nick unyil). DCC Chat lebih cepat, bebas hambatan ("lag") dan bersifat lebih pribadi jika dibandingkan dengan /msg
/msg =usro main air yuk Sekalinya hubungan DCC Chat telah terjalin, Anda bisa menggunakan perintah /msg =nick untuk berbincang-bincang (perhatikan tanda sama dengan [=] sebelum nick). DCC tidak melalui server, jadi tidak akan terpengaruh oleh hambatan-hambatan (lag) dari server, net split, dan lain-lain
usro akan melihat: =unyil= main air yuk
/help Perintah ini biasanya dapat ditemukan hampir di setiap client. Cobalah.
/quit selamat malam! Anda akan "quit" IRC, dengan meninggalkan pesan. Para pemain yang lain akan melihat: *** Signoff: unyil (selamat malam!) (catatan: Anda menggunakan nick unyil)


CATATAN: Bila Anda tidak sedang berada di dalam suatu channel, kalimat yang dimulai dengan garis miring (/) tidak akan ber-efek apa-apa, dan beberapa perintah akan memberikan hasil yang lain atau tidak berfungsi sama sekali.




 Smileys dan singkatan


           :-) adalah muka orang yang sedang tersenyum ("smiley"), miringkan kepala Anda ke kiri untuk dapat melihatnya. Sama halnya dengan, :-( adalah orang yang sedang sedih, ;-) adalah orang yang sedang mengedipkan mata, :~~( adalah orang yang sedang menangis, :-P adalah orang yang sedang menjulurkan lidahnya, :-P~~ adalah orang yang sedang "ngiler", dan (-: adalah untuk orang kidal yang sedang tersenyum, dan lain-lain. Ada beribu-ribu macam smiley serperti itu. Berikut ini adalah singkatan-singkatan yang umum dipakai dalam IRC:


Singkatan Singkatan dalam bahasa Inggris Arti dalam bahasa Indonesia
brb be right back segera kembali
bbl be back later nanti akan kembali
np no problem tidak apa-apa
lol laughing out loud tertawa terbahak-bahak
re hi again (re hi) Halo lagi!
wtf what the f*** APA??
rotfl rolling on the floor laughing tertawa terguling-guling
bbiaf be back in a flash kembali sebentar lagi
ttfn ta ta for now dadaagghh!!
imho in my humble opinion menurut pendapat saya
j/k just kidding hanya bercanda
wb welcome back selamat datang
rtfm read the f***ing manual BACA PETUNJUK!!!

informasi ini dapat anda temukan juga disini :)

1 komentar:

  1. Terima kasih, sangat membantu. Meskipun saya masih kurang paham ;)

    BalasHapus